Kegiatan 2
Diskusikan dalam kelompok kecil:
Pendidikan 
matematika  dapat  diartikan 
sebagai  proses  perubahan 
baik  kognitif
maupun 
afektif  kearah  kedewasaan 
sesuai  dengan  kebenaran 
logika.  Jelaskan
karakteristik matematika yang menjadi dasar pendidikan
matematika.
JAWAB : 
Ada 6
karakteristik matematika yakni :
1)  Objek yang
dipelajari abstrak.
Sebagian besar
yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan  yang 
secara  nyata  tidak 
ada  atau  merupakan 
hasil pemikiran otak manusia.
2)  Kebenaranya
berdasarkan logika.
Kebenaran dalam
matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris.  Artinya 
kebenarannya  tidak  dapat 
dibuktikan  melalui
eksperimen  seperti  dalam 
ilmu  fisika  atau 
biologi.  Contohnya  nilai 
tidak  dapat 
dibuktikan  dengan  kalkulator, 
tetapi  secara  logika ada 
jawabannya  sehingga  bilangan 
tersebut  dinamakan  bilangan imajiner (khayal).
3) 
Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu.
Pemberian  atau 
penyajian  materi  matematika 
disesuaikan  dengan tingkatan  pendidikan 
dan  dilakukan  secara 
terus -menerus.  Artinya
dalam  mempelajari  matematika 
harus  secara  berulang 
melalui latihan-latihan soal.
4)  Ada
keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya. 
Materi  sebelumnya 
menjadi  prasyarat  untuk 
materi  yang  akan dipelajari. Contohnya ketika akan
mempelajari volume atau isi suatu bangun ruang maka  siswa 
harus menguasai materi luas dan keliling 
bidang datar.
5)  Menggunakan
bahasa simbol.
Dalam  matematika 
penyampaian  materi  menggunakan 
simbolsimbol  yang  telah 
disepakati  dan  dipahami 
secara  umum.  Misalnya penjumlahan  menggunakan 
simbol  “+”  sehingga 
tidak  terjadi 
dualisme
jawaban.
6) 
Diaplikasikan dibidang ilmu lain.
Materi
matematika banyak digunakan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain. Misalnya
materi fungsi digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mempelajari fungsi permintan
dan fungsi penawaran.
0 komentar:
Posting Komentar