Kegiatan 2
Diskusikan dalam kelompok kecil:
Pendidikan
matematika dapat diartikan
sebagai proses perubahan
baik kognitif
maupun
afektif kearah kedewasaan
sesuai dengan kebenaran
logika. Jelaskan
karakteristik matematika yang menjadi dasar pendidikan
matematika.
JAWAB :
Ada 6
karakteristik matematika yakni :
1) Objek yang
dipelajari abstrak.
Sebagian besar
yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan yang
secara nyata tidak
ada atau merupakan
hasil pemikiran otak manusia.
2) Kebenaranya
berdasarkan logika.
Kebenaran dalam
matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris. Artinya
kebenarannya tidak dapat
dibuktikan melalui
eksperimen seperti dalam
ilmu fisika atau
biologi. Contohnya nilai
tidak dapat
dibuktikan dengan kalkulator,
tetapi secara logika ada
jawabannya sehingga bilangan
tersebut dinamakan bilangan imajiner (khayal).
3)
Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu.
Pemberian atau
penyajian materi matematika
disesuaikan dengan tingkatan pendidikan
dan dilakukan secara
terus -menerus. Artinya
dalam mempelajari matematika
harus secara berulang
melalui latihan-latihan soal.
4) Ada
keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya.
Materi sebelumnya
menjadi prasyarat untuk
materi yang akan dipelajari. Contohnya ketika akan
mempelajari volume atau isi suatu bangun ruang maka siswa
harus menguasai materi luas dan keliling
bidang datar.
5) Menggunakan
bahasa simbol.
Dalam matematika
penyampaian materi menggunakan
simbolsimbol yang telah
disepakati dan dipahami
secara umum. Misalnya penjumlahan menggunakan
simbol “+” sehingga
tidak terjadi
dualisme
jawaban.
6)
Diaplikasikan dibidang ilmu lain.
Materi
matematika banyak digunakan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain. Misalnya
materi fungsi digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mempelajari fungsi permintan
dan fungsi penawaran.
0 komentar:
Posting Komentar